Monday 28 April 2014

Teknik Ranking Pada Webometrics

            Webometrics adalah sistem pemeringkatan website Perguruan Tinggi, Rumah Sakit dan
Sekolah Bisnis. Webometrics melakukan perankingan dengan 4 cara yaitu.

• Visibility (V): Jumlah total tautan eksternal yang unik yang diterima dari situs lain (inlink),
yang diperoleh dari Yahoo Search, Live Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasilhasilnya
dinormalisasi-logaritmik ke 1 untuk nilai tertinggi dan kemudian dikombinasikan
untuk menghasilkan peringkat.
• Size (S): Jumlah halaman yang ditemukan dari empat mesin pencari: Google, Yahoo, Live
Search dan Exalead. Untuk setiap mesin pencari, hasil pencarian dinormalisasi-logaritmik ke 1
untuk nilai tertinggi. Untuk setiap domain, hasil maksimum dan minimum tidak diikutsertakan
(excluded) dan setiap institusi diberikan sebuah peringkat menurut jumlah yang dikombinasi
tersebut.
• Rich Files (R): Volume file yang ada di situs Universitas dimana format file yang dinilai layak
masuk di penilaian (berdasarkan uji relevansi dengan aktivitas akademis dan
publikasi) adalah: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan
Microsoft Powerpoint (.ppt). Data-data ini diambil menggunakan Google dan digabungkan
hasil-hasilnya untuk setiap jenis berkas.
• Scholar (Sc): Google Scholar menyediakan sejumlah tulisan-tulisan ilmiah (scientific paper)
dan kutipan-kutipan (citation) dalam dunia akademik. Data Sc ini diambil dari Google Scholar
yang menyajikan tulisan-tulisan ilmiah, laporan-laporan, dan tulisan akademis lainnya.

          Dari cara diatas webometrick melakukan penghitungan dengan cara (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)
angka 4 pada V, 2 pada S, 1 pada R dan 1 pada Sc adalah bobot penilayan dari masing-masing kategori.
Dan itulah cara webometrics meranking Perguruan Tinggi, dan Sekolah Bisnis

sumber http://romisatriawahono.net/2007/09/26/teknik-perangkingan-universitas-ala-webometrics/

No comments:

Post a Comment