Bisnis
online di era serba cepat dan mudah sangatlah menguntungkan. Bisnis online yang
menjual barang di internet salah satunya adalah situs lazada.com. Situs ini
bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, buku,
mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan,
peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA
Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan
retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup LAZADA International
di Asia tenggara. Pada Januari 2012, jumlah karyawan LAZADA hanya 4 orang, dan
pada bulan Agustus 2012 karyawan yang dipekerjakan naik menjadi 200 karyawan
dan terus bertambah setiap bulannya.
Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20% setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk. Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.
Selain Indonesia, LAZADA juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, LAZADA Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand. Selain Indonesia, Lazada juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, Lazada Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand.
Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20% setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk. Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.
Selain Indonesia, LAZADA juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, LAZADA Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand. Selain Indonesia, Lazada juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, Lazada Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand.
LAZADA Indonesia adalah
pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk mulai dari
elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk
kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga.
Awal Pembentukan
LAZADA Indonesia didirikan pada
tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA
di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup
LAZADA International di Asia Tenggara terdiri dari LAZADA
Indonesia, LAZADA Malaysia, LAZADA Vietnam, LAZADA Thailand, LAZADA
Filipina. Jaringan LAZADA Asia Tenggara merupakan cabang anak perusahaan
jaringan perusahaan internet Jerman, Rocket Internet. Rocket
Internet merupakan perusahaan online incubator yang sukses menciptakan
perusahaan-perusahaan online inovatif di berbagai belahan dunia. Berkantor
pusat di Berlin, Jerman, proyek yang dimiliki Rocket
Internet antara lain Zalando, TopTarif, eDarling, Groupon
(sebelumnya CityDeal), dll
Sistem
E-commerce pada perusahaan Lazada Indonesia
Indonesia (www.lazada.co.id) lebih
berfokus kepada tipe e-commerce B2C atau Business to Customer karena tujuan
utama perusahaan adalah menyerap customer individu yang melakukan transaksi di
situs mereka. Dalam Business to Customer akan lebih terfokus bagaimana
mekanisme dasar bagi pembeli untuk mengakses perusahaan tersebut di dalam
sebuah web yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah itu bagaimana
pelayanan situs tersebut dan yang paling rumit adalah bagaimana menciptakan
tantangan utama untuk penjualan. E-commerce memberikan pengalaman berbelanja
yang sesungguhnya dengan dapat membeli dari rumah dan dapat dilakukan selama 24
jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu.
Lazada
adalah jaringan e-commerce yang berpusat di Timur Tengah, tepatnya di Dubai,
Uni Emirat Arab. Meskipun demikian jika dirunut-runut, ternyata Lazada sendiri
masih merupakan bagian dari Rocket Internet yang berasal dari Jerman. Lazada
sendiri menggunakan nuansa biru dan oranye yang mirip dengan tema yang
digunakan oleh Amazon. Berbeda dengan Zalora yang khusus berkutat dengan produk
fashion, Lazada ini seperti yang sudah tertampil di situsnya bakal fokus untuk
produk consumer electronic dan peralatan rumah tangga.
Sejumlah merk terkenal telah terdaftar di Lazada Indonesia. Sama pula seperti
Zalora, Lazada juga memberikan keunggulan antar gratis di wilayah Jakarta
menggandeng Go-Jek. Tidak perlu heran karena CEO Rocket Internet Indonesia juga
merupakan founder Go-Jek.
Perusahaan Lazada merupakan top
online retailer di Indonesia. Lazada Indonesia adalah bagian dari network
Lazada Asia Tenggara, dimana kehadirannya menandai awal berdirinya Lazada di
negara-negara lain yaitu: Malaysia, Thailand, Philippine, dan Vietnam.
Perusahaan ini memberikan kesempatan
kepada konsumen untuk membeli segala jenis produk yang berkaitan dengan
elektronik, dekorasi rumah tangga hingga produk kesehatan dan kecantikan hanya
dengan mengakses ke website yang telah disediakan. Produk pesanan akan di antar
ke rumah-rumah konsumen dengan pelayanan kurir yang cepat dengan kualitas
produk yang terbaru dan terbaik. Pembayaran juga dapat di lakukan dengan uang
tunai bila tidak memiliki kartu kredit.
Tujuan dari perusahaan ini adalah
menjadi salah satu belanja online yang paling top dan utama di Indonesia serta
memberikan pelayanan kepada konsumen secara maksimal, memberikan inspirasi
dalam belanja dan memberikan pengalaman kepada konsumen dalam memilih-milih
produk online. Karyawan yang bekerja di perusahaan ini merupakan individu yang mempunyai
jiwa kewirausahaan, karena mereka berasal dari sekolah bisnis terbaik dan
perusahaan di seluruh dunia. Oleh sebab itu tidak diragukan lagi kualitas dalam
pemberian pelayanan kepada konsumen yang akan di berikan secaramaksimal.
Pelayanan yang Lazada berikan memiliki kelebihan tersendiri dalam pasar
Indonesia, antara lain
1. Pilihan Produk Berkualitas yang
beragam
Di Lazada Indonesia dapat dijumpai 12 kategori produk utama mulai dari
peralatan rumah tangga, Elektronik rumah tangga, Handphone & Aksesoris,
Kamera, Komputer, TV, Video & Audio, Mainan & Bayi, Kesehatan &
Kecantikan, Tas & Koper, Olahraga & Otomotif, Musik & Instrumen,
dan Buku.
2. Penawaran
Khusus atau Promo Produk
Dalam
belanja online seperti Lazada Indonesia juga sangat memperhatikan dinamika
kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai penawaran istimewa dilakukan baik yang
tidak bertema maupun yang disesuaikan degan tema. Ini tentu saja menjadi
kelebihan dari belanja online karena eksekusi promo secara bersamaan antar tema
dalam e_commerce lebih mudah dilakukan disbanding di dalam toko fisik.
3. Layanan Super Untuk Raja
3. Layanan Super Untuk Raja
Di dunia online anda adalah raja karena anda tinggal pencet telepon bila ingin
menanyakan produk, atau complain mengenai layanan, anda tinggal klik, barang
diantar, anda tinggal pilih model pembayaran, atau bahkan anda tinggal minta
jam berapa barang harus diantar ke rumah anda, dll. Tidak perlu repot dengan
senua hal yang ada dalam belanja konvensional.
Di Lazada
Indonesia memiliki banyak layanan luar biasa atau layanan super antara lain :
a. Layanan
Telepon Hotline
Anda dapat melepon ke nomor telepon yang tercantum di
web.
b. Gratis Biaya
Kirim ke seluruh Indonesia
Kini Lazada Indonesia memberikan gratis ongkos
pengiriman di Indonesia bagian barat dan tengah, dengan minimum akumulasi
pembelian sebesar Rp 200.000
4. Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
5. Waktu Kirim
4. Pengembalian barang dalam 14 hari
Lazada Indonesia memberikan waktu 14 hari kepada para pelanggan untuk melakukan penukaran barang atau pengembalian uang jika terdapat kerusakan atau ketidaksesuain barang pesanan.
pengembalian barang dilakukan dengan cara mengisi formulir online di website Lazada kemudian pengembalian barang akan diproses lebih lanjut.
5. Waktu Kirim
Walaupun belum menerapkan waktu kirim hari yang sama
(same day delivery), tapi Lazada Indonesia sudah membuktikan kemajuan baik
dalam hal layanan pengiriman. Kini pengiriman dilakukan dalam rentang waktu 2-6
hari ke seluruh Indonesia.
Walaupun mengalami hambatan dalam
melakukan penjualan di awal – awal pembentukan Lazada Indonesia, pihak Lazada
sangat merespon dengan sangat baik dengan melakukan berbagai promo untuk
menaikkan keinginan masyarakat berbelanja di dalam situs mereka. Sehingga jika
melihat kesuksesan yang diraih oleh Lazada kita dapat menyimpulkan bahwa system
E-commerce yang dibawa oleh perusahaan rocket internet dengan anak perusahannya
yaitu Lazada sangat diminati oleh para konsumen.
Sedangkan
untuk kekuranggan dari E-commerce Lazada Indonesia adalah :
- Tidak menutup kemungkinan dari costumer yang berkunjung ke web ini dan meragukan integeritas dari situs E-commerce ini yang dikarenakan nomor customer yang dicantumkan di situs nerupakan nomor provider untuk telepon genggam yang dianggap sama kebanyakan situs / penjual produk bohonggan (penipuan) yang juga tersebar di internet.
- Respon layanan konfirmasi pembayaran yang masih sedikit terlambat
- Beberapa produk yang available stock di website ternyata out of stock di gudang
- Layanan
M-Banking dan pembayaran kartu kredit yang belum memiliki integritas
tinggi
Sumber : 1. http://nurendahmm.blogspot.co.id/2015/03/kesuksesan-perusahaan-lazada-dalam.html
2. http://irvanarifsanianto.blogspot.co.id/2014/11/perusahaan-lazada.html
No comments:
Post a Comment